Selasa, 04 Oktober 2011

BAB 1 MENYIMAK UNTUK MENYIMPULKAN INFORMASI YANG TIDAK BERSIFAT PERINTAH DALAM KONTEKS BEKERJA

BAB 1
MENYIMAK UNTUK MENYIMPULKAN
INFORMASI YANG TIDAK BERSIFAT PERINTAH
DALAM KONTEKS BEKERJA

Bahasa Indonesia SMK/MAK Setara Tingkat Madya Kelas XI
Wacana
Narkoba, Aids, dan Kita
Saat ini di kawasan Asia, diperkirakan 4,9 juta orang hidup dengan
HIV/AIDS termasuk 440.000 kasus baru pada tahun lalu. Sekitar 300.000
orang meninggal akibat berbagai penyakit terkait AIDS. Asia Tenggara
sendiri memiliki tingkat prevalensi tertinggi di Asia dengan luas wilayah
endemis bervariasi antarnegara.
Ketika epidemi di Kamboja, Myanmar, dan Thailand menunjukkan
penurunan prevalensi HIV, di Indonesia dan Vietnam justru meningkat
pesat. Mayoritas kasus infeksi baru di Indonesia dan Vietnam disebabkan
pemakaian narkotika, psikotropika, dan zat-zat adiktif lainnya (napza),
terutama penggunaan jarum suntik injecting drug use (IDU), dan hubungan
seks tidak aman.
Dalam sepuluh tahun terakhir, peningkatan kasus HIV di Indonesia
sungguh mencengangkan. Jika tahun 1998 jumlah kumulatif kasus HIV
baru 591 orang, pada September 2007 jumlahnya telah mencapai 5.904
orang. Sejak Januari hingga September 2007 saja, jumlah kasus infeksi baru
HIV mencapai 674 orang.
Kondisi ini seiring dengan laju epidemi AIDS. Jika tahun 1998 jumlah
kumulatif kasus AIDS yang dilaporkan 258 orang, pada September 2007
jumlahnya telah meningkat jadi 10.384 orang dengan prevalensi 4,57 persen.
Cara penularan kasus AIDS melalui IDU 49,5 persen dan hubungan seks
tidak aman 46 persen.
Sejauh ini, epidemi HIV/AIDS telah bergeser dari hubungan seks
tidak aman ke pemakaian napza (populer dengan sebutan narkoba) dengan
jarum suntik. Peningkatan kasus penularan virus itu melalui narkoba suntik
mulai terlihat sejak tahun 1999.
Departemen Kesehatan menyebutkan, jumlah pengguna narkoba
suntik di Indonesia pada tahun 2006 diperkirakan 190.000 hingga 247.000
orang. Sementara estimasi prevalensi HIV pada pengguna narkoba suntik
mencapai 41,6 persen dan ditemukan di tiap provinsi. Secara nasional, dari
kasus AIDS yang terlaporkan secara kumulatif, 49,5 persen di antaranya
adalah pengguna narkoba suntik.
Bahasa Indonesia SMK/MAK Setara Tingkat Madya Kelas XI
Bahkan, di wilayah Provinsi DKI Jakarta, 72 persen dari total jumlah
kumulatif kasus AIDS adalah pengguna narkoba suntik. “Usia pengguna
napza suntik cenderung makin muda sehingga mereka akan terinfeksi
HIV lebih awal dan sulit dijangkau,” kata Nafsiah Mboi, Sekretaris Komisi
Nasional Penanggulangan HIV/AIDS.
Para pengguna narkoba suntik di lembaga pemasyarakatan (lapas)
dan rumah tahanan (rutan) juga meningkat pesat serta rata-rata 20 persen
terinfeksi HIV. Akibatnya, angka kematian penghuni lapas atau rutan
pada tahun 2005 meningkat dua kali lipat dibandingkan dengan tahun
sebelumnya. Para pengguna narkoba suntik yang terinfeksi HIV di lapas
atau rutan selama ini kesulitan mengakses pelayanan kesehatan.
Tingginya angka terinfeksi HIV di kalangan pengguna narkoba
terutama disebabkan perilaku mereka amat beresiko. Salah satunya masih
meluasnya praktik berbagi jarum suntik di kalangan IDU. Di Indonesia,
yang populer dikonsumsi adalah narkoba suntikan berupa heroin atau
putau. Konon karena efeknya lebih cepat dan murah dibandingkan dengan
yang nonsuntikan.
Di sisi lain, pengetahuan pentingnya sterilisasi jarum suntik sangat
rendah. Menurut penelitian Budi Utomo, Guru Besar dari Fakultas
Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI), di kalangan remaja
pengguna narkoba suntik umumnya satu jarum suntik dipakai dua sampai
18 orang. Bahkan, 62 persen di antaranya memakai ulang jarum tersebut.
Cara membersihkan jarum, 65 persen memakai air biasa, 31 persen air
panas. Sangat sedikit yang mensterilkan dengan merebus.
Hasil penelitian lain yang dilakukan I Made Setiawan dan timnya
di Bali (1998) menyebutkan, 26,5 persen dari pengguna narkoba suntik itu
memiliki lebih dari satu pasangan seksual aktif, 26,5 persen lainnya pernah
menggunakan jasa pekerja seksual, serta 17,6 persen berhubungan intim
dengan orang asing. Akan tetapi, cuma satu orang yang konsisten memakai
kondom.
Hal ini membuat kelompok pengguna narkoba suntik menempati
posisi amat penting dalam mata rantai penyebaran HIV/AIDS. Menurut
Zubairi Djoerban, Guru Besar dari FKUI RSCM yang bergerak di bidang
penanggulangan HIV/AIDS, mereka rentan tertular akibat praktik berbagi
jarum suntik. Kemudian, mereka berpeluang besar menularkannya ke
kalangan non-pengguna narkoba suntik, istri mereka, anak dan pasangan
seksual mereka.
Bahasa Indonesia SMK/MAK Setara Tingkat Madya Kelas XI
Sejauh ini, Pemerintah telah menyusun pedoman penanggulangan
HIV/AIDS akibat pemakaian jarum suntik pada pengguna narkoba suntik
secara bergantian. Pedoman itu mengatur penggunaan jarum suntik sebagai
bagian layanan harm reduction di puskesmas, rumah sakit, dan lapas.
Dalam aturan itu, Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia bertugas
mengurus di lembaga pemasyarakatan, yaitu memisahkan antara pengedar
dan pengguna. Setiap pengguna narkoba di lapas juga wajib diperlakukan
sebagai pasien yang bisa disembuhkan. Apabila terlanjur terinfeksi HIV,
pasien bisa mendapat pengobatan tanpa didiskriminasi.
Realisasinya tentu butuh komitmen kuat dari pemerintah dan pemangku
kepentingan dalam penanggulangan HIV/AIDS di kalangan pengguna
narkoba suntikan. Untuk itu, kita bisa belajar dari negara-negara tetangga
seperti Kamboja, khususnya menyangkut bagaimana upaya pencegahan
yang terfokus dan berkelanjutan dapat menekan perkembangan epidemi
HIV.
(Sumber: Kompas, Sabtu, 24 November 2007,
dengan beberapa perubahan)
A. Kegiatan Menyimak dan Memahami Informasi
Nonverbal
Menyimak merupakan salah satu kegiatan berbahasa yang dapat
menambah atau memperluas pengetahuan. Keterampilan menyimak perlu
dilatih secara terus-menerus dan berkesinambungan. Proses pelatihan
menyimak menuntut adanya kesiapan mental dan kesehatan fisik serta
motivasi atau kemauan secara sadar untuk mengikuti seluruh isi simakan.
Pada dasarnya menyimak adalah kegiatan menyerap informasi yang
disampaikan secara lisan dengan tidak sekadar menggunakan indera
pendengaran, tetapi juga berupaya menangkap isi atau pesan serta
memahami makna informasi yang disampaikan. Hasil simakan dapat
diungkapkan kembali dengan bahasa sendiri dengan tidak mengubah
pengertian dasar informasi sumber.
Proses menyimak menuntut motivasi dan perhatian dari pendengar.
Tanpa keinginan dan perhatian, sulit mengharapkan hasil yang memuaskan.
Berdasarkan caranya, menyimak terdiri atas beberapa macam, yakni, seperti
berikut :
Bahasa Indonesia SMK/MAK Setara Tingkat Madya Kelas XI
1. Menyimak Intensif
menyimak memahami secara terperinci, teliti, dan mendalami bahan
yang disimak.
2. Menyimak Ekstensif
menyimak memahami secara sepintas dan umum dalam garis-garis
besar atau butir-butir penting tertentu.
3. Menyimak untuk Belajar
melalui kegiatan menyimak, seseorang mempelajari berbagai hal
yang dibutuhkan. Misalnya, para siswa menyimak ceramah guru
bahasa Indonesia, para siswa mendengarkan suara radio, televisi, dan
sebagainya.
4. Menyimak untuk Menghibur
menyimak sesuatu untuk menghibur dirinya. Misalnya, menyimak
pembacaan cerita-cerita lucu, pertunjukan sandiwara, film, dan
sebagainya.
5. Menyimak untuk Menilai
menyimak mendengarkan, memahami isi simakan, menelaah, mengkaji,
menguji, dan membandingkan dengan pengalaman serta pengetahuan
menyimak.
6. Menyimak Diskriminatif
menyimak untuk membedakan bunyi suara. Dalam belajar bahasa
Inggris, misalnya siswa harus dapat membedakan bunyi (i) dan (i:).
7. Menyimak Pemecahan Masalah
menyimak mengikuti uraian pemecahan masalah secara kreatif dan
analisis yang disampaikan oleh si pembicara. Mungkin juga penyimak
dapat memecahkan masalah yang dihadapinya, secara kreatif dan
analisis setelah yang bersangkutan mendapat informasi dari menyimak
sesuatu.
Untuk dapat mengungkapkan kembali informasi simakan yang diterima
dengan baik dan memadai, kita dapat melakukan langkah-langkah sebagai
berikut.
1. Perhatikan judul wacana yang akan dilisankan.
2. Catatlah kata-kata kunci yang dianggap penting berupa frasa atau
klausa.
3. Catatlah ide-ide pokok setiap paragraf.
Bahasa Indonesia SMK/MAK Setara Tingkat Madya Kelas XI
4. Catatlah fakta-fakta atau data berupa angka, persentase, atau
perbandingan.
5. Uraikan kembali dalam bentuk ikhtisar berdasarkan data-data yang
dicatat.
Informasi hasil simakan dapat dikemukakan atau disampaikan dalam
bentuk verbal maupun nonverbal. Informasi verbal berwujud uraian,
ulasan, atau penjelasan dan dapat disampaikan secara lisan maupun tulisan.
Informasi ini dianggap lebih mudah dicerna dan dipahami.
Contoh informasi verbal:
Sulistya mengatakan UN lebih banyak menimbulkan penderitaan
bagi sekolah swasta dan pinggiran. Bagaimana mungkin sekolah
pinggiran yang sarana, prasarana, kualitas SDM, dan pemenuhan standar
pelayanan minimal (SPM)-nya sangat terbatas disamakan dengan sekolah
yang SPM-nya lengkap dan pada umumnya didominasi sekolah negeri
perkotaan. UN yang diselenggarakan setiap tahun hanya akan menambah
persoalan dan pemborosan APBN, jika hasil ujian periode sebelumnya
tidak ditindaklanjuti dengan upaya peningkatan kualitas pembelajaran
pada sekolah yang angka kelulusannya rendah.
Informasi berbentuk nonverbal cenderung bersifat visual, berupa
bentuk atau gambar serta garis-garis yang memiliki ciri-ciri tersendiri dan
cenderung perlu pengamatan lebih khusus. Contohnya: grafik, denah,
bagan, diagram, atau matriks.
Berikut ini pengertian dan contoh bentuk informasi nonverbal.
1. Grafik
Grafik adalah gambaran pasang surutnya suatu keadaan atau data
yang ada dengan garis atau gambar. Grafik dibedakan menjadi tiga macam,
yaitu grafik batang, grafik garis, dan grafik lingkaran.
a. Grafik batang adalah lukisan naik turunnya data berupa batang atau
balok dan dipakai untuk menekankan adanya perbedaan tingkatan
Bahasa Indonesia SMK/MAK Setara Tingkat Madya Kelas XI
atau nilai berupa aspek.
Contoh Grafik Batang :
Grafik PeGkrearfjiak aPne kOerrjaanagn TOuraa nSgi sTwuaa SSMiswKa NSMurKu Nl Iusrlual mIs lTaamh uTna h2u0n0 72007
0
50
100
150
1
ABRI
PNS
SWASTA
BURUH
PETANI
LAINNYA
b. Grafik garis adalah lukisan naik turunnya data berupa garis yang
dihubungkan dari titik-titik data secara berurutan.
Grafik ini dipakai untuk menggambarkan perkembangan atau
perubahan dari waktu ke waktu.
Contoh grafik garis:
Grafik PGeranfgiku Pnejunngugn Pjuenrgp uPsetrapkuastaank aSaMn KSM NKu Nruurli sI sTlaahmu nT a2h00u7n 2007
0
50
100
150
200
250
300
Jan
Mar
Mei
Jul
Sept
Nov
Bulan
Jumlah Pengunjung
Series1
c. Grafik lingkaran adalah gambaran naik turunnya data berupa lingkaran
untuk menggambarkan persentase dari nilai total atau seluruhnya.
Bahasa Indonesia SMK/MAK Setara Tingkat Madya Kelas XI
Contoh grafik lingkaran:
PePresresennttaassee PPeennggaannuutt AAggaammaa ddii SSMMKK KKaarrttiinnii
Islam 55
Protestan 28
Katolik 14
Hindu 2
Budha 1
28%
14%
2%
55%
1%
Islam
Protestan
Katolik
Hindu
Budha
2. D iagram
Diagram adalah (gambaran buram, sketsa) untuk memperlihatkan atau
menerangkan sesuatu. Bentuk-bentuk diagram antara lain adalah diagram
arus (bagan alur), diagram balok, diagram gambar, diagram garis, diagram
lingkaran, diagram cabar, dan diagram pohon.
Contoh diagram:
Total Nilai Transaksi di BEJ (dalam Triliyun)
147.9
128.8
97.5
120.8
125.4
246.2 0
100
200
300
Nilai
Transa
ksi
1 2 3 4 5 6
Tahun
Transaksi Di BEJ (dlm triliyun)
Series
1
3. Tabel
Tabel adalah daftar yang berisi ikhtisar dan sejumlah data informasi,
biasanya berupa kata-kata dan bilangan yang tersusun secara bersistem,
urut ke bawah dalam lajur dan deret tertentu dengan garis pembatas
sehingga dapat dengan mudah disimak.
Nilai
Transaksi
Tahun
Bahasa Indonesia SMK/MAK Setara Tingkat Madya Kelas XI
Contoh:
Data Tentang Kesegaran Jasmani Manusia Berdasarkan Usia dan Jenis
Kelamin
Pria Wanita Pria Wanita
12 menit 13 menit 2400 m 2250 m
13 menit 14 menit 2250 m 2090 m
14 menit 15 menit 2090 m 1850 m
18 - 29 tahun
40 - 49 tahun
30 - 49 tahun
Jenis Tes Waktu Tempuh untuk
Jarak 2,5 Km
Jarak yang Ditempuh
Selama 12 menit
Usia
4. Bagan
Bagan adalah gambaran secara analisis atau terurai tentang proses
yang terjadi di alam, teknologi, dan masyarakat manusia. Bagan digunakan
untuk membantu memperjelas proses kerja.
Contoh bagan:
Bagan Budidaya Belut
3. Tabel adalah daftar yang berisi ikhtisar dan sejumlah data informasi, biasanya berupa
kata-kata dan bilangan yang tersusun secara bersistem, urut ke bawah dalam lajur dan
deret tertentu dengan garis pembatas sehingga dapat dengan mudah di simak.
Contoh :
Data Tentang Kesegaran Jasmani Manusia Berdasarkan Usia dan Jenis Kelamin
4. Bagan adalah gambaran secara analisis atau terurai tentang proses yang terjadi di alam,
teknologi dan masyarakat manusia. Bagan digunakan untuk membantu memperjelas
proses kerja yang kurang komunikatif.
Contoh bagan:
Bagan Budidaya Belut
Pembuatan􀈱Kolam􀈱
Penaburan􀈱Kapur􀈱
Penaburan􀈱Rompas􀈱
Penggenangan Kolam Penebaran􀈱Bibit
Seleksi􀈱Bibit
Pemberian􀈱bibit
246.2 0
ksi
1 2 3 4 5 6
Tahun
Pria Wanita Pria Wanita
12 menit 13 menit 2400 m 2250 m
13 menit 14 menit 2250 m 2090 m
14 menit 15 menit 2090 m 1850 m
Waktu Tempuh utk
karak 2,5 Km
Jarak yg ditempuh
slm 12 menit
Usia
18 - 29 tahun
40 - 49 tahun
30 - 49 tahun
Jenis Tes
5. Peta
Peta adalah gambar atau lukisan pada kertas yang menunjukkan letak
tanah, laut, sungai, gunung-gunung, dan sebagainya atau representasi
melalui gambar dari suatu daerah yang menyatakan sifat, batas, sifat
permukaan, dan sebagainya.
10 Bahasa Indonesia SMK/MAK Setara Tingkat Madya Kelas XI
Contoh :
6. D enah
Denah adalah gambar yang menunjukkan letak kota, jalan, peta, atau
gambar rancangan bangunan.
Contoh:
Bahasa Indonesia SMK/MAK Setara Tingkat Madya Kelas XI 11
7. Matriks
Matriks adalah tabel yang disusun dalam lajur dan jajaran sehingga
butir-butir uraian yang diisikan dapat dibaca dari atas ke bawah dan dari
kiri ke kanan.
Contoh:
No Nama Kegiatan Juli Agust Sept Okt Nov Des Ket
1 Penyusunan Personil
Bimbingan Konseling
2 Konsultasi Program X
3 Pengadaan Sarana Prasarana X X
4 Layanan Bimb. Konseling X
5 Instrumen Bimbingan X X X X
6 Pengembangan Sistem Prog. X
7 Kerja sama dengan orang tua X
8 Laporan Bulan Semester X X X X X X
9 Evaluasi X
10 Analisis X
11 Tindak Lanjut X
Program Kerja Bimbingan Konseling SMK
Mitra Kencana Jakarta
X X X X X X
B. Pengalihan Informasi Verbal menjadi Nonverbal
Informasi yang kita simak perlu ditelaah isinya berdasarkan kepentingan
atau maksud yang terkandung di dalamnya. Bentuk-bentuk
pengungkapan informasi baik yang verbal maupun nonverbal masingmasing
selalu membutuhkan penyampaian informasi. Adakalanya suatu
informasi lebih tepat disampaikan dengan penyajian verbal karena lebih
memerlukan banyak penjelasan daripada bentuk visual. Namun, ada
informasi yang lebih mudah dicerna karena disajikan dalam bentuk
nonverbal. Tapi pada dasarnya semua itu bergantung pada kebutuhan.
Proses mengubah isi informasi verbal menjadi nonverbal memang agak
sulit. Namun, bila bahan simakan dapat ditelaah, hal itu bukan hal yang
tidak dapat dilakukan. Itulah sebabnya, kita perlu berlatih dengan saksama.
Cara pertama, simaklah isi informasi dengan penuh perhatian. Kedua,
setelah disimak, cobalah perhatikan: Apa isinya, bagaimana uraiannya, dan
dapatkah divisualisasikan.
12 Bahasa Indonesia SMK/MAK Setara Tingkat Madya Kelas XI
Hal-hal yang perlu diperhatikan untuk mengalihkan atau mengubah
informasi verbal ke informasi nonverbal, adalah sebagai berikut.
1. Perhatikan dengan saksama isi informasi verbal yang ingin diubah.
2. Perhatikan data-data berupa lambang, satuan atau angka-angka serta
perbandingannya untuk menentukan bentuk visual yang efektif,
apakah grafik, tabel, diagram dan yang lainnya.
3. Catatlah hal-hal pokok atau inti dari informasi yang disimak.
4. Buatlah bentuk nonverbal yang tepat untuk mengungkapkan informasi
tersebut.
5. Gambar, bagan, atau grafik dibuat dengan baik, benar, tepat, dan
seimbang dengan isi.
6. Tentukan warna, lambang, atau bentuk untuk menggambarkan atau
membedakan data-datanya.
Perhatikan contoh perubahan informasi verbal menjadi informasi
nonverbal di bawah ini!
Contoh I.
Berdasarkan penghitungan suara sementara putaran pertama pemilu
Presiden 2004, Yudhoyono-Yusuf Kalla menempati urutan pertama dengan
perolehan suara sebanyak 35.687.602 atau 33,60% dari total perolehan
suara. Megawati-Hasyim menempati urutan kedua dengan perolehan
jumlah suara sebanyak 27.910.706 atau 26,27% dari total perolehan suara.
Urutan ketiga ditempati oleh Wiranto-Salahuddin dengan perolehan suara
sebanyak 23.583.501 atau 22,20% dari total perolehan suara. Urutan keempat
ditempati Amien Rais-Siswono dengan perolehan jumlah suara sebanyak
15.800.979 atau 14,08% dari total perolehan suara sedangkan duet Hamzah-
Agum menempati urutan terakhir.
Total perolehan suara yang telah terkumpul sampai 19 Juli 2004, pukul
21.00 adalah 106.228.247 orang.
Inti dari informasi verbal di atas, adalah sebagai berikut.
1. Informasi tentang penghitungan suara pemilu Presiden 2004.
2. Penghitungan suara sementara putaran pertama pemilu Presiden
2004 Yudhoyono-Kalla menempati urutan pertama pemilu dengan
perolehan suara sebanyak 35.687.602 atau 33,60%.
3. Megawati-Hasyim menempati urutan kedua dengan perolehan suara
27.910.706 atau 22,20%.
Bahasa Indonesia SMK/MAK Setara Tingkat Madya Kelas XI 13
4. Wiranto-Salahuddin berada di urutan ketiga dengan perolehan suara
23.583.501 atau 22,20%.
5. Amien-Siswono memperoleh jumlah suara 15.800.979 atau 14,80%.
6. Hamzah-Agum menempati urutan terakhir dengan jumlah perolehan
suara 3.253.014 atau 3,06%.
7. Total perolehan suara yang terkumpul sampai 19 Juli 2004 pukul 21.00
adalah 106.228.247 orang.
Bentuk informasi nonverbalnya berupa diagram seperti berikut.
1. Informasi tentang penghitungan suara pemilu Presiden 2004.
2. Penghitungan suara sementara putaran pertama pemilu Presiden 2004 Yudhoyono-Kala
menempati urutan pertama pemilu dengan perolehan suara sebanyak 35.687.602 atau
33,60%.
3. Megawati-Hasyim menempati urutan kedua dengan perolehan suara 27.910.706 atau
22,20%.
4. Wiranto-Salahuddin berada diurutan ketiga dengan perolehan suara 23.583.501 atau
22,20%.
5. Amien-Siswono memperoleh jumlah suara 15.800.979 atau 14,80%.
6. Hamzah-Agum menempati urutan terakhir dengan jumlah perolehan suara 3.253.014 atau
3,06%.
7. Total perolehan suara yang terkumpul sampai 19 Juli 2004 pukul 21.00 adalah
106.228.247 orang.
Bentuk informasi nonverbalnya berupa diagram, yaitu:
Contoh II perubahan informasi verbal menjadi informasi nonverbal :
Contoh 2:
Perhitungan Suara Sementara Putaran Pertama
P E M I L U P R E S I D E N R I 2 0 0 4
Sampai Pukul 21.00 WIB
Yudhoyono-Yusuf Kalla (4)
35.745.198 (33,58%)
Megawati-Hasyim (2)
27.983.836 (26,29%)
Wiranto-Salahuddin (1)
23.645.484 (22,21%)
Amin Rais-Siswono (3)
15.826.526 (14,87%)
Hamzah-Agum (6)
3.253.014 (3,06%)
Total: 106.454.058 (100%)
Contoh II.
Vika, siswi Kelas 1 SMK, bercita-cita menjadi animator profesional.
Untuk itu, dia memilih sekolah di SMK jurusan Grafika. Selain sekolah dan
magang yang telah ditetapkan sebagai program sekolah, untuk menunjang
cita-citanya tersebut, dia mengikuti kursus komputer dan bahasa Inggris.
“Calon animator profesional” tersebut telah merencanakan setamat
pendidikan nanti, jika kondisi sangat memungkinkan, dia akan melanjutkan
sekolah ke perguruan tinggi. Jurusan yang akan diambilnya adalah desain
grafis. Jika keuangan keluarganya tidak memungkinkannya untuk kuliah,
dia akan kursus desain grafis saja. Akan tetapi, jika kedua keinginannya
tersebut tidak dapat terpenuhi, dia akan mengikuti balai latihan kerja
(BLK) terlebih dahulu sebelum terjun ke dunia kerja. Dengan mengikuti
14 Bahasa Indonesia SMK/MAK Setara Tingkat Madya Kelas XI
BLK, Vika yakin akan mudah mendapat pekerjaan karena peserta pelatihan
di BLK akan disalurkan kerja sesuai dengan bidang keahliannya masingmasing.
Bila ikut pelatihan di BLK pun tidak memungkinkan karena kondisi
keuangan keluarganya, terpaksa dia langsung bekerja di mana saja dalam
bidang apa saja. Tekadnya, yang penting dia dapat menabung untuk dapat
meraih cita-citanya kelak.
Inti dari informasi di atas seperti berikut.
1. Vika bercita-cita menjadi animator profesional.
2. Vika memilih sekolah di SMK jurusan Grafika.
3. Tamat SMK, Vika berencana melanjutkan ke perguruan tinggi jika ada
biaya.
4. Jika biaya tidak memungkinkan, Vika mengikuti latihan balai kerja
(BLK).
Bentuk Informasi Nonverbal yang cocok dari informasi di atas adalah
bagan, yaitu:
Bahasa Indonesia SMK/MAK Setara Tingkat Madya Kelas XI 15
C. Menyampaikan Pendapat melalui Simpulan Secara
Deduktif dan Induktif
Penyimpulan secara deduktif ialah cara mengambil simpulan dari
pernyataan yang bersifat umum diikuti oleh uraian atau pernyataanpernyataan
yang bersifat khusus.
Perhatikan contoh berikut.
1. Negara adalah institusi mapan, tetapi dinamis sehingga mampu mengantisipasi
segala perubahan yang terjadi. Negara mewadahi seluruh kepentingan
masyarakat. Ia menyediakan kerangka umum yang bersifat abstrak
sehingga terbuka untuk ditafsirkan. Sementara pemerintah adalah
pranata kontemporer, sebagai penyelenggara negara dalam jangka
waktu yang ditetapkan oleh konstitusi negara.
2. Hasil perolehan suara sementara dari penyelenggaraan pemilu pemilihan
presiden tahun 2004 cukup signifikan. Peringkat pertama diraih oleh
pasangan Susilo Bambang Yudhoyono dan Jusuf Kalla dengan
persentase suara terbanyak, yaitu 33,60 persen. Peringkat kedua diraih
oleh pasangan Megawati dan Hasyim Muzadi dengan persentase
suara 22,20 persen. Disusul peringkat ketiga yaitu pasangan Wiranto
dan Salahudin. Selanjutnya peringkat keempat ialah pasangan Amin
Rais dan Siswono. Terakhir adalah pasangan Hamzah Haz dan Agum
Gumelar.
Penyimpulan secara induktif ialah cara mengambil simpulan dari
pernyataan-pernyataan atau fakta-fakta yang bersifat khusus menuju ke
suatu simpulan yang bersifat umum.
Perhatikan contoh berikut.
1. Penyair akan membuat sebuah puisi dengan cara menuangkan
imajinasinya, barulah tercermin sebuah puisi. Pengarang novel akan
merangkai ceritanya dengan pengembangan imajinasi. Demikian juga
seniman akan menggoreskan lukisan di dasar kain dengan imajinasinya
ke arah yang sebenarnya. Memang benar imajinasi itu diperlukan yang
mencipta suatu karya.
2. Plagiat ialah pengambilan atau penerjemahan sesuatu hasil begitu saja
dengan tidak menyebutkan pengarang asli melainkan menurunkan
nama sendiri sebagai pengarang. Plagiat tidak diperkenankan dalam
dunia sastra. Banyak karya sastra yang beredar merupakan karya
plagiat. Dalam dunia karya sastra memang terdapat larangan keras untuk
pengarang plagiat.
16 Bahasa Indonesia SMK/MAK Setara Tingkat Madya Kelas XI
Menyampaikan simpulan dapat dilakukan secara lisan maupun tulisan.
Penyampaian harus menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Simpulan yang disampaikan dapat diperoleh dari informasi lisan maupun
tulisan baik informasi lisan yang bersifat verbal maupun informasi tulisan
yang berbentuk nonverbal. Simpulan dapat disertakan dengan opini atau
pendapat.
Opini adalah pandangan berdasarkan ideologi atau sikap seseorang
dalam memberikan suatu wawasan terhadap objek atau peristiwa. Opini
dapat juga disebut pendapat seseorang. Antonim dari opini adalah fakta.
Fakta bersifat objektif, merupakan kenyataan bersifat konkret dan dapat
dibuktikan kebenarannya.
Perhatikan tabel berikut.
Pendapat/Opini Fakta
1. Pemkab. dan PT. Jasa Marga
berusaha menuntaskan kesepakatan
pembangunan fisik jalan
tol.
2. Jalan tol Gempol–Pasuruan diharapkan
mampu mendorong
akselerasi
pertumbuhan perekonomian
kawasan.
1. Harga tanah yang dibebaskan
ditetapkan Rp 80.000,- hingga
Rp 400.000 per meter persegi.
2. Di Gedung Grahadi Surabaya
dilangsungkan penandatanganan
kesepakatan bersama.
Simpulan yang di dalamnya terdapat opini dapat dilihat pada contoh
di bawah ini.
Contoh 1.
Vika bercita-cita menjadi animator profesional. Ia pun masuk ke SMK
Grafika. Di samping itu, ia juga mengikuti kursus komputer dan bahasa
Inggris. Untuk mencapai keinginannya itu, ia berencana setelah lulus
sekolah akan kuliah pada jurusan desain grafis. Jika tak mampu kuliah, ia
berencana kursus desain grafis atau mengikuti balai latihan kerja (BLK). Bila
tak memungkinkan, ia akan bekerja apa saja untuk mengumpulkan uang
biaya kuliah. Sungguh begitu kuatnya keinginan Vika dalam mengapai citacitanya
sehingga segala kemungkinan jalan yang terbaik akan dia tempuh.
Bahasa Indonesia SMK/MAK Setara Tingkat Madya Kelas XI 17
Contoh 2.
Niat Vika setelah lulus sekolah akan meneruskan kuliah ke jurusan
desain grafis. Jika tak bisa ia mau mencoba kursus desain grafis atau
masuk balai latihan kerja. Namun, jika pun tak bisa, ia kemungkinan akan
bekerja dulu dalam rangka mengumpulkan uang untuk biaya kuliah pada
jurusan yang sama. Saat ini pun ia masuk SMK jurusan Grafika. Semua itu
dilakukan atas dasar dorongan yang kuat untuk mencapai cita-citanya. Ia
bercita-cita menjadi animator profesional.
Contoh pertama ialah simpulan yang diuraikan secara deduktif dengan
penambahan opini atau pendapat di bagian akhir paragraf. Contoh kedua
ialah simpulan yang diuraikan secara induktif dengan penambahan kalimat
opini sebelum kalimat terakhir yang merupakan simpulan umum.
RANGKUMAN
A. Kegiatan Menyimak dan Memahami Informasi Nonverbal
Menyimak adalah kegiatan menyerap informasi yang disampaikan
secara lisan dengan tidak sekedar menggunakan indera pendengaran
tapi juga berupaya menangkap isi atau pesan serta memahami makna
informasi yang disampaikan.
Ada beberapa macam cara menyimak, diantaranya adalah menyimak
intensif, menyimak ekstensif, menyimak diskriminatif, dan menyimak
untuk pemecahan masalah.
Informasi dapat berbentuk verbal dan nonverbal. Informasi verbal
ialah informasi berbentuk uraian atau penjelasan. Informasi nonverbal
ialah informasi berbentuk visual seperti grafik, diagram, tabel, bagan,
peta, denah, dan matriks.
B. Pengalihan Informasi Verbal menjadi Nonverbal
Hal-hal yang perlu diperhatikan untuk mengalihkan informasi
verbal ke informasi nonverbal, yaitu:
1. Perhatikan dengan saksama isi informasi verbal yang ingin diubah.
2. Perhatikan data-data berupa lambang, satuan atau angka-angka serta
perbandingannya untuk menentukan bentuk visual yang efektif,
apakah grafik, tabel, diagram dan yang lainnya.
18 Bahasa Indonesia SMK/MAK Setara Tingkat Madya Kelas XI
3. Catatlah hal-hal pokok atau inti dari informasi yang disimak.
4. Buatlah bentuk nonverbal yang tepat untuk mengungkapkan
informasi tersebut.
5. Gambar , bagan, atau grafik dibuat dengan baik, benar, tepat, dan
seimbang dengan isi.
6. Tentukan warna-warna, lambang, atau bentuk untuk menggambarkan
atau membedakan data-datanya.
C. Menyampaikan Pendapat melalui Simpulan secara Deduktif dan
Induktif
Penyimpulan secara deduktif yaitu cara mengambil simpulan dari
pernyataan yang bersifat umum diikuti oleh uraian atau pernyataanpernyataan
yang bersifat khusus.
Penyimpulan secara induktif yaitu cara mengambil simpulan dari
pernyataan-pernyataan atau fakta-fakta yang bersifat khusus menuju ke
suatu simpulan yang bersifat umum.
Simpulan yang disampaikan dapat diperoleh dari informasi lisan
maupun tulisan baik informasi lisan yang bersifat verbal maupun
informasi tulisan yang berbentuk nonverbal. Simpulan dapat disertakan
dengan opini atau pendapat.
TUGAS MANDIRI:
Mintalah salah seorang siswa membacakan wacana yang terdapat
di awal bab, sedangkan siswa lainnya menyimak. Setelah menyimak
lakukan hal berikut.
1. Catatlah pokok-pokok informasi.
2. Dari pokok informasi yang dicatat, buatlah informasi berbentuk
nonverbal !
3. Susunlah sebuah simpulannya secara deduktif atau induktif yang
disertakan opini Anda.
Bahasa Indonesia SMK/MAK Setara Tingkat Madya Kelas XI 19
UJI KOMPETENSI
I. Pilihlah jawaban yang paling tepat dari pernyataan di bawah ini!
1. Menyusun kesimpulan dengan cara induksi atau deduksi kita lakukan
bila membuat karangan
a. argumentasi
b. persuasi
c. narasi
d. eksposisi
e. deskripsi
2. Lukisan naik turunnya data yang berupa batang atau balok dan dipakai
untuk menekankan adanya perbedaan tingkat atau nilai dari berbagai
aspek disebut
a. grafik lingkaran
b. grafik batangan
c. grafik garis
d. bagan arus
e. bagan pohon
3. Informasi nonverbal diperlukan bila data informasi membutuhkan
a. perincian
b. penjelasan
c. visualisasi
d. persentase
e. alasan-alasan
4. Berikut ini yang termasuk perintah kerja tertulis, kecuali
a. memo
b. surat edaran
c. buku manual kerja
d. surat pengumuman
e. surat pengiriman barang
5. Gambaran informasi yang berbentuk garis-garis menaik dan menurun
disebut
a. grafik lingkaran d. diagram
b. denah e. tabel
c. peta
20 Bahasa Indonesia SMK/MAK Setara Tingkat Madya Kelas XI
6. Semua pernyataan di bawah ini benar, kecuali
a. tabel ialah informasi lewat kata dan bilangan yang tersusun
b. tabel ialah informasi tanpa kalimat penjang dan tanda baca
c. membaca tabel memerlukan kecermatan dan kepekaan berpikir
d. tabel dapat merupakan sumber gagasan
e. tabel disusun setiap kita membuat karangan
7. Pernyataan-pernyataan berikut yang merupakan opini adalah
a. Menurut polisi insiden itu tidak menimbulkan korban.
b. Siswa tim PBB yang lalu.
c. Ketika kendaraan mereka melintas, bom yang ditempatkan di
pinggir jalan meledak.
d. Ledakkan itu menimbulkan lubang di jalan dan menghancurkan
jendela di kawasan pemukiman dekat markas pasukan AS.
e. Tentara AS sedang melakukan patroli sekitar pukul 21.30 saat
serangan terjadi.
8. Produksi beras impor dan pengadaan beras!
Pernyataan berikut sesuai dengan tabel tersebut, kecuali
1996 1999 2002 2004
Produksi padi
( juta ton kg )
Produksi Beras
( Juta ton )
Impor Beras
( Juta Ton )
Pengadaan Beras
( Juta Ton )
Produksi
Tahun
33.69
0.17
45.32
54.34
35.28
1.81
33.47
50.87 51.49
33.06
4.5
35.36 37.56
2.14
33.22
51.5
a. Makin tinggi produksi padi makin rendah impor beras.
b. Impor beras tertinggi terjadi pada kondisi beras tinggi.
c. Tingginya produksi beras seiring dengan tingginya pengadaan
beras.
d. Kondisi produksi beras paling tinggi justru pengadaan beras
terendah.
e. Impor pengadaan beras terjadi ketika terjadi pengadaan beras
terendah.
Bahasa Indonesia SMK/MAK Setara Tingkat Madya Kelas XI 21
9. Paragraf yang dimulai dengan pernyataan yang khusus dan diikuti
penjelasan yang bersifat umum disebut
a. deduktif
b. induktif
c. sebab akibat
d. akibat sebab
e. induktif– deduktif
10. Pernyataan yang dimulai dengan pernyataan yang bersifat umum dan
diikuti penjelasan yang bersifat khusus disebut
a. induktif
b. deduktif
c. induktif-deduktif
d. deduktif-induktif
e. sebab akibat
11. Pernyataan di bawah ini yang tidak tepat adalah ....
a. mengungkapkan informasi dapat berbentuk verbal dan nonverbal
b. mendengar adalah bagian dari menyimak
c. mendengarkan sambil berkreatifitas dapat membantu mencapai
hasil yang baik dalam menyimak
d. menyimak adalah kegiatan menyerap informasi yang
didengarkan
e. proses menyimak adalah upaya memahami isi pesan dari informasi
yang didengarkan
12. Di bawah ini merupakan kegunaan tabel dan grafik, kecuali
a. menunjukkan fakta dengan jelas
b. menghemat waktu karena mempercepat komunikasi
c. menyatakan fakta-fakta dalam konteks
d. menyatakan fakta-fakta lebih tersamar
e. menunjukkan fakta-fakta itu lebih mudah
13. Bila ingin menggambarkan data berupa program kerja, biasanya kita
menggunakan
a. denah
b. peta
c. grafik
d. matriks
e. diagram
22 Bahasa Indonesia SMK/MAK Setara Tingkat Madya Kelas XI
14. Gambar atau lukisan pada kertas yang menunjukkan letak tanah, laut,
sungai, gunung disebut
a. peta
b. matriks
c. denah
d. diagram
e. bagan
15. Gambaran buram sketsa istilah lain dari
a. diagram
b. bagan
c. peta
d. denah
e. tabel
16. Menyimak dianggap berhasil bila diukur dari hal berikut, kecuali
a. mengemukakan tanggapan sesuai dengan instruksi yang
disampaikan
b. dapat mengaktualisasikan informasi baik lisan maupun tulisan
c. membuat kesimpulan dengan menguraikan inti pokok informasi
yang disampaikan
d. memahami informasi yang didengarkan
e. dapat mengutarakan kembali informasi yang didengar dengan
makna yang sesuai
17. Menyimak pembacaan puisi, cerpen, termasuk jenis menyimak
a. ekstensif
b. intensif
c. diskriminatif
d. pemecahan masalah
e. apresiatif
18. Menyimak untuk memahami secara terperinci, teliti, dan mendalam
bahan yang disimak adalah jenis menyimak
a. untuk menghibur
b. apresiatif
c. untuk belajar
d. diskriminatif
e. untukmenilai
Bahasa Indonesia SMK/MAK Setara Tingkat Madya Kelas XI 23
19. Karangan/tulisan yang memerlukan analisis dan sintetis dapat ditulis
dalam bentuk
a. eksposisi
b. narasi
c. argumentasi
d. persuasi
e. deskripsi
20. Untuk mengambil kesimpulan dari informasi nonverbal diperlukan
hal-hal berikut, kecuali
a. perhatikan isi informasi
b. perhatikan kata-kata dan angka-angka
c. lihat model dan warna gambarnya
d. artikan hubungan antar–lambang atau angka
e. perhatikan antar–bagian-bagiannya.
II. Jawablah soal-soal di bawah ini dengan tepat dan benar!
1. Sebutkan langkah-langkah yang harus dilakukan agar dapat mengungkapkan
kembali informasi yang disimak!
2. Jelaskan perbedaan informasi berbentuk verbal dan nonverbal!
3. Hak apa saja yang harus dilakukan agar menyimak mencapai hasil
yang baik?
4. Apa yang kamu ketahui tentang grafik?
5. Sebutkan macam-macam grafik!
6. Apa yang kamu ketahui tentang denah? Jelaskan!
7. Jelaskan perbedaan grafik dan peta!
8. Apa yang dimaksud paragraf deduktif?
9. Berikan masing-masing contoh informasi verbal dan nonverbal!
10. Jelaskan hal-hal yang perlu dipertimbangkan untuk mengalihkan
informasi verbal ke nonverbal!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar